Surat Pribadi dan Surat Resmi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP

Surat. Tentunya kata itu pernah kalian dengar, bukan?. Ya, surat secara fisik memang kini mulai tergeser dengan kemajuan teknologi terutama oleh aplikasi pesan seperti WhatsApp, BBM, dan Messenger lainnya.

Surat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia V mempunyai beberapa pengertian, yaitu

  1. Kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya)
  2. Secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan; kartu:
  3. Sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan

Ditinjau dari sifatnya, surat merupakan karangan paparan. Ditinjau dari fungsinya, surat merupakan alat komunikasi tertulis. Ditinjau dari wujud penuturannya, surat merupakan percakapan atau dialog dari satu pihak pembuat kepada pihak penerima.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari komunikasi, baik itu komunikasi langsung maupun tidak langsung. Komunikasi lewat telepon memerlukan kemahiran dalam berbicara. Dalam berkomunikasi lewat surat diperlukan keterampilan menulis surat.

Kemampuan menulis surat sangat berbeda dengan keterampilan berbicara sebab dalam menulis surat harus memperhatikan aspek-aspek tertentu dan kaidah=kaidah penulisan surat yang berlaku. Kamu atau keluargamu tentu pernah menerima surat. Surat dapat berasal dari teman, saudara, kenalan, sekolah, kantor, lembaga, dan lain-lain.  Jika dikelompokkan berdasarkan pengirimnya, surat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi, atau surat dinas dan surat pribadi.

Surat Resmi & Pribadi by Isnaini Shaleh on Scribd

Bagaimana cara mengunduh file yang dibagikan tersebut. [silakan baca di: https://rumahshaleh.com/cara-mengunduh-file-di-scribd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *